Kamis, 02 Februari 2012

Trimming

Trimming (PENGEPRISAN) adalah suatu proses/kegiatan pemotongan/penghilangan bagian-bagian yang tidak dikehendaki pada bahan.
Trimming dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
  1. Peeling
  2. Seeding
  3. Coring
  4. Dressing
  5. Boning 

Penjelasan:
  • Peeling
Peeling adalah kegiatan 'Trimming' pada bahan di bagian kulit, benda yang dihilangkan adalah bagian kulitnya. (penghilangan kulit)
Contoh : Pengeprisan pada salak.

  • Seeding
 Seeding adalah kegiatan 'Trimming' pada bahan di bagian biji, benda yang dihilangkan dari bahan adalah pada bagian bijinya. (penghilangan biji)
Contoh: Pengeprisan biji pada pare, tomat, semangka, dan melon.

  • Coring
Coring adalah kegiatan 'Trimming' pada bahan di bagian Inti, benda yang dihilangkan adlah pada bagian inti dari bahan. (penghilangan inti)
Contoh: Pengeprisan pada buah nanas. (bagian inti nanas diambil kemudian dibuang)

  •  Dressing
Dressing adalah kegiatan 'Trimming' pada bahan di bagian lapisan kulit dalam yang dibuang adalah bagian kulit pada lapisan dalam. (penghilangan kulit keseluruhan)
Contoh: Pengeprisan pada ketela pohon, kulit terluar dan juga kulit sekunder dari ketela pohon yang mengandung semacam senyawa berbahaya bagi tubuh, yaitu HCN (asam sianida)

  • Boning 
Boning adalah kegiatan 'Trimming' pada bahan di bagian tulang, benda yang dihilangkan adalah bagian tulangnya. (penghilangan tulang).
Pada umumnya, boning hanya dilakukan pada material hewani.

Contoh : Pengeprisan pada daging ayam. Produksi daging fillet memerlukan kegiatan trimming pada bahan dan jenis 'Trimming' yang digunakan adalah metode boning.

0 komentar: